Sponsors Link

16 Minuman Penyembuh Flu Secara Efektif dan Manjur

Sponsors Link

Daya tahan tubuh yang menurun dapat menyebabkan berbagai macam penyakit menjadi mudah menjangkiti tubuh seperti flu contohnya. Flu merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat dikategorikan sebagai penyakit ringan dan berat tergantung separah mana dampak yang di beriaknnya bagi tubuh. Pada umumnya, jenis flu ringan menimbulkan serangkaian gejala flu pada anak lainnya seperti batuk, pilek, sakit kepala, dan lain sebagainya. Jenis flu ringan dapat diatasi dengan berbagai cara salah satunya dengan mengkonsumsi berbagai jenis minuman penyembuh flu. Beberapa jenis minuman penyembuh flu yang dapat bekerja secara efektif dan manjur dalam mengatasi flu yaitu seperti :

  1. Jus jeruk

Jeruk merupakan jenis buah yang paling sering di konsumsi apabila seseorang sedang mengalami flu dan sedang dalam masa pemulihan pasca sakit. Vitamin C dan karotenoid pada jeruk dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memperlancar sistem peredarah darah dan memulihkan sistem kekebalan tubuh yang turun akibat infeksi virus penyebab flu. Minuman penyembuh flu dari buah ini dapat berupa olahan jus jeruk yang dapat diminum setiap harinya baik sedang mengalami flu ataupun saat tubuh dalam keadaan prima.

  1. Air garam

Minuman penyembuh flu selanjutnya adalah air garam. Air garam dapat bekerja untuk menimbulkan efek dehidrasi yang dapat mengeluarkan cairan atau lendir berlebih dari tenggorokan serta dapat berfungsi untuk mematiakn virus dan kuman yang menginfeksi.

  1. Kuah sup

Kuah sup dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi flu dan hidung tersumbat akibat produksi lendir berlebih. Uap yang keluar ketika mengkonsumsi kuah sup juga dapat membantu indra pengecap menjadi lebih baik walau sedang mengalami flu serta dapat menjadi salah satu solusi cara mengatasi hidung bayi tersumbat.

  1. Air putih

Air putih mempunyai banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit. Ketika flu, tubuh cenderung membutuhkan banyak asupan air putih agar tubuh tidak dehidrasi. Memilih air putih untuk diminum saat sedang mengalami flu merupakan pilihan terbaik jika di bandingkan meminum jenis minuman lainnya seperti kopi dan minuman kalengan.

  1. Jus pisang

Pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dalam mengatasi flu yang menyerang, salah satu kandungan dalam buah pisang yaitu kalium dapat membantu tubuh meningkatkan daya tahan tubuh. Jus pisang dapat menjadi minuman penyembuh flu dengan di konsumsi setiap hari karena selain dapat mengatasi flu, jus pisang juga baik untuk sistem pencernaan.

  1. Jus sayur

Sayur segar dan berwarna hijau kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran yang bagus  untuk flu dapat memenuhi asupan nutrisi dan gizi tubuh setiap harinya karena banyaknya kandungan zat aktif dalam sayur. Bagi beberapa orang mungkin tidak menyukai ide untuk meminum jus yang berbahan sayuran mentah karena takut akan rasanya yang aneh di lidah, namun khasiat dari jus sayur sangat memengaruhi tubuh.

  1. Rebusan jahe

Jahe sedari dulu telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama sebuah olahan minuman seperti jamu dan air wedang yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Ketika tubuh sedang mengalami  flu ada kemungkinan tubuh menjadi lebih mudah merasakan dingin dan menggigil sehingga berdampak pada munculnya gejala pilek. Air dari rebusan jahe dapat ditambahkan dengan gula atau madu untuk diminum sebagai obat anti peradangan yang disebabkan oleh terjadinya flu, selain menghangatkan tubuh jahe juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Jahe juga merupakan salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara herbal menghilangkan lendir pada bayi secara efektif.

  1. Jus jambu biji

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C didalamnya. Selain itu buah jambu biji juga memiliki beberapa jenis senyawa seperti licopen, polifenol dan juga quersitin yang dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan juga sel kanker.

  1. Minuman blackcurrant

Buah yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di daerah asia utara dan eropa. Biasanya blackcurrant di olah sebagai jus ataupun di campurkan ke dalam minuman herbal. Buah blackcurrant kaya akan kandungan nutrisi seperti protein dan kalori, flavonoid, zat omega 3 dan juga vitamin C. Minuman olahan blackcurrant dapat bermanfaat bagi tubuh dalam mengatasi penyakit flu.

  1. Minuman Leci

Minuman penyembuh untuk mengatasi flu lainnya yaitu olahan buah leci, buah ini biasanya dapat dengan mudah di temukan pada olahan sirup ataupun sudah dalam bentuk jus yang jual di pasaran. Leci juga dapat  menjadi sumber antioksidan yang dapat bermanfaat dalam kesehatan tubuh dan juga meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat segera sembuh dari flu.

  1. Jus pepaya

Buah yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitar lingkungan hidup karena selain pohonya mudah untuk di tanam juga merupakan salah satu buah khas Indonesia. Pepaya biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi oleh tubuh yang sedang mengalami sulit BAB karena dapat memperlancarnya. Seperti buah lainnya pepaya juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu tubuh dalam mengatasi flu.

  1. Jus Strawberry

Buah yang memberikan rasa masan dan manis ketika di konsumsi ini juga kaya akan vitamin seperti vitamin E dan juga Vitamin C yang dapat membantu tubuh mengatasi flu. Selain sebagai jus buah ini bisa dikonsumsi dengan memakannya secara langsung.

  1. Jus nanas

Nanas dapat diolah dengan cara menbuat jus dari buah ini. Sari dari nanas dapat membantu tubuh melawan flu yang diderita karena vitamin C di dalamnya. Buah nanas juga dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada pasien asma dan meredakan batuk yang dialami.

  1. Minuman olahan markisa

Minuman yang merupakan olahan buah markisa banyak mengandung vitamin C, criptoxantin dan juga beta karoten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sedang mengalami flu. Selain itu buah markisa juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mata dan paru-paru.

  1. Minuman olahan buah kiwi

Buah kiwi diketahui dapat mengatasi penyakit asma yang diderita oleh tubuh, selain itu ternyata buah kiwi ini juga dapat mengatasi masalah dan gejala yang di timbulkan oleh flu serta dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas.

  1. Jus mangga

Buah yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi karena dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Di Indonesia terdapat berbagai jenis buah mangga yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lain. Dengan meminum jus mangga banyak asupan nutrisi yang diterima tubuh seperti antioksidan, vitamin A dan vitamin C, asam malat, asam tatrat dan juga asam sitrat.

Demikianlah 16 minuman penyembuh flu yang dapat bekerja secara efektif dan terbukti manjur dalam mengobatai flu ringan yang menyerang tubuh. Berbagai minuman yang telah disebutkan di atas tak hanya dapat di minum ketika tubuh sedang mengalami flu saja namun ada baiknya jika di konsumsi setiap harinya karena dapat memberikan manfaatnya besar terhadap kesehatan tubuh dalam jangka pangjang. Flu juga dapat di atasi dengan cara tidak mengkonsumsi makanan yang dihindari saat flu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman