Sponsors Link

5 Makanan Yang Baik Untuk Pasca Operasi Sinusitis Pada Proses Pemulihan

Sponsors Link

Makanan yang baik untuk pasca operasi sinusitis sebaiknya dikonsumsi oleh pasien sinusitis. Sinusitis memang salah satu penyakit umum bagi dunia kedokteran namun tingkat penyakit ini dapat mencapai tingkat kronis dimana opsi terburuk dalam penyembuhan penyakit ini adalah dengan melakukan operasi.

ads

Terapi sinusitis akut agar cara operasi mungkin dapat dihindari. Operasi adalah opsi terakhir jika penanganan secara obat dan fisioterapi tidak dapat menyembuhkan penyakit sinusitis. Operasi sinusitis dapat dilakukan dengan metode FESS endoskopi, teknik killian, atau teknik lain. Pemilihan metode operasi sinusitis ini harus disesuai dengan hasil diagnosis dokter agar metode yang gunakan merupakan metode yang paling tepat untuk pasien yang bersangkutan.

Pasca operasi sinusitis, sebaiknya pasien memulai kegiatan melatih sistem pernafasan dengan olahraga, dan menggunakan alat penyaring udara (masker) saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Disamping melakukan aktivitas yang benar, pemenuhan nutrisi, gizi bagi tubuh agar mendukung percepatan penyembuhan penyakit sinusitis sebaiknya diperhatikan dan dilakukan juga. Beberapa makanan seperti buah dan sayur yang segar dapat dikonsumsi dengan cara pengolahan yang benar setelah melakukan operasi. Beberapa makanan yang baik untuk pasca operasi sinusitis adalah sebagai berikut:

1. Bayam

Bayam merupakan bahan makaan yang baik untuk dikonsumsi setelah operasi sinusitis. Bayam merupakan salah satu dari makanan yang mempunyai vitamin untuk flu. Pengolahan bayam sebagai bahan makanan dengan cara ditumis merupakan salah satu cara yang baik agar kandungan baik pada bayam tidak larut dan dapat diambil oleh sistem pencernaan tubuh. Bayam mempunyai kandungan senyawa quercetin dan klorofil dengan sifat antioksidan, anti radang, dan anti bakteri, serta meredakan nyeri pasca operasi. Mengkonsumsi bayam sebanyak 200 gram minimal sehari dapat dilakukan secara rutin.

2. Kangkung

Kangkung bisa dibilang mirip dengan bayam, dimana kangkung mempunyai senyawa quercetin, klorofil, dan antioksidan. Kangkung selain mempunyai fungsi antioksidan, kangkung dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membersihkan area sinus dari lendir yang masih menempel pada hidung. Dengan cara mengencerkan kangkung dan mengalirkan langsung melalui hidung, kangkung akan membersihkan area sinus dari lendir. Jika digunakan sebagai bahan makanan, pengkonsumsian kangkung sebanyak 300 gram sehari dapat membantu percepatan penyembuhan penyakit sinusitis pasca operasi. Kangkung juga termasuk dalam makanan penyembuh flu dan batuk.

3. Yogurt

Yogurt, salah satu bentuk fermentasi susu yang mengandung bakteri Lactobacillus sp, dapat digunakan sebagai salah satu makanan yang baik untuk pasca operasi sinusitis. Bakteri pada yogurt dapat digunakan untuk melawan bakteri jahat pada sinus dan membantu tubuh untuk mempercepat penyembuhan penyakit sinusitis pasca operasi. Asam amino yang terkandung pada yogurt juga dapat membantu meregenerasi sel tubuh yang rusak agar sel baru terbentuk memperbaiki jaringan tubuh. Cukup dengan mengkonsumsi yogurt sebanyak 50 gram setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang positif. Sebagai kontradiksi, yogurt bisa menjadi makanan penyebab batuk berdahak.

4. Jeruk

Jeruk, buah bervitamin C yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang termasuk saya merupakan jenis buah yang baik untuk pasien pasca operasi sinusitis. Disamping vitamic C, buah Jeruk mempunyai kandungan quercetin untuk proses penyembuhan pasca operasi sinusitis. Berbagai cara pengonsumsian jeruk dapat dilakukan, salah satunya yaitu dengan cara memakan secara langsung kecuali biji jeruk atau memeras jeruk menjadi salah satu minuman.

Sponsors Link

Oleh karena jeruk mengandung asam, bagi penderita maag diharapkan memakan jeruk 2 jam setelah makan agar nutrisi pada jeruk dapat diserap secara sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Cukup dengan mengkonsumsi 300 gram jeruk setiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal dari buah jeruk tersebut. Beberapa jenis jeruk, seperti jeruk nipis mempunyai khasiat jeruk nipis untuk flu.

5. Apel

Apel adalah salah satu buah kesukaan banyak orang. Apel adalah salah satu makanan baik untuk penderita sinusitis karena mengandung senyawa quercetin, tanin, dan alkaloid. Senyawa-senyawa tersebut mendukung penyembuhan sinusitis dengan cara mengkonsumsi secara langsung tanpa mengupas kulit apel. Tidak berbeda dengan jeruk, dengan mengkonsumsi apel sebanyak 300 gram sehari akan akan mendapatkan hasil maksimal dari manfaat buah apel tersebut. Selain untuk penyembuhan operasi sinusitis, apel merupakan salah satu dari cemilan untuk anak batuk pilek.

Demikian beberapa makanan yang baik untuk pasca operasi sinusitis. Semoga beberapa informasi tentang makanan baik ini dapat membantu anda dalam mencari cara penyembuhan penyakit sinusitis. Pada dasarnya buah dan sayur merupakan makanan yang baik buat tubuh. Oleh karena itu banyak-banyaklah makan makanan seperti buah dan sayuran. Disamping 5 jenis makanan di atas, terdapat makanan menyembuhkan sinusitis yang wajib anda coba. Untuk menambah efek baik dari makanan di atas, tidak ada salahnya jika kita selalu minum air mineral sebanyak 2 liter dalam sehari. Hal ini karena tubuh kita selalu membutuhkan cairan yang cukup setiap harinya agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu air mineral juga akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih menempel pada saluran pencernaan kita.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman